cool hit counter

Majelis Pustaka dan Informasi - Persyarikatan Muhammadiyah

Majelis Pustaka dan Informasi
.: Home > Artikel

Homepage

Selamat datang Jambore Media Komunitas & Konggres Taman Pustaka 2019

.: Home > Artikel > Majelis
28 Desember 2018 00:18 WIB
Dibaca: 135
Penulis : David Efendi

Related image
 
Image result for kopdarnas pegiat literasi muhammadiyah
 
Keterangan gambar: SemNAs dan Kopdarnas Literasi (8-10/12/2017), merekomendasikan penyelenggaraan Konggres Taman Pustaka 2019.
 
 
Sebagai ihtiar baik, saya akan berbagi apa ihwal kegiatan ini. Bismillah.  Pertama, jelas sekali bahwa inisiatif ini dilandasri dari pikiran melanjutkan Prakarsa maju dan praktik gerakan terbaik yang sudah kita jalani Bersama-sama. Spiritnya adalah melanjutkan tradisi perayaan pengetahuan dan keberdayaan: berkumpul, berbagi, dan terus bergerak tak pernah padam. 
 
Melanjutkan dan menjahit beragam prakarsa baik yang sudah dirintis oleh Majelis Pustaka PP Muhammadiyah dalam mendorong keterlibatan Muhamamdiyah dalam isu informasi, peran komunitas, jaringan radio, warganetMu, big data sejak 2010 sampai kini. Prakarsa yang sudah dilakukan layak dan sangat mendesak untuk direvitalisasi, disemai kembali, dan diapresiasi. Setelah seri kopdar  media, tahun 2019 menjadi penting untuk diagendakan jambore media komunitas sebagai wahana apresiasi dan ruang tumbuh untuk menggembirakan dakwah berkemajuan berbasis komunitas dan media informasi
 
Jambore Media Komunitas merupakan ruang pertemuan, kopi darat berbagai komunitas, individu, inisiator, innovator dalam bidang literasi, media informasi, sosial media, yang memiliki konsen membahas isu¬-isu sosial, keislaman, budaya, kemasyarakatan dengan informasi sebagai mediumnya. Dengan semangat berkumpul, berbagi, bergerak bersama, para partisipan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perubahan sosial dan mendorong bangsa berkemajuan. 
 
Jambore media komunitas ini diinisiasi MPI PP Muhammadiyah dengan mengusung tema besar ”Media dan Komunitas berdaya untuk Transformasi  Bangsa", sebuah perwujudan dari gerakan Indonesia berkemajuan akan dieksplorasi dan disemai dalam empat ruang berdasarkan kategori pembahasan yang didesain dalam bentuk “kampung”/perkampungan dalam ruang jambore, yakni Kampung Pustaka, Kampung Media-Melenial/kampoeng big data, Kampung Teknologi, dan Kampung Budaya (museum). Akan ada beragam agenda menarik seperti diskusi, workshop, pertunjukan musik, pemutaran dan diskusi film, pasar komunitas, pameran buku, dan sebagainya.
 
Terakhir, dalam momentum yang sama juga akan diselenggarakan Konggres Taman Pustaka yang berisi beragam penggerak kemajuan gerakan literasi, gerakan iqro’ berbasis prakarsa individu, kelompok, majelis, sekolah, pustakawan, penerbit buku, dan sebagainya menyongsong 2020 sebagai tahun perayaan pengetahuan dan keberdayaan literasi untuk bangsa berkemajuan—sebagai wujud taawun progresif dan transformative untuk bangsa. 
 
 
Dalam event Jambore media komunitas ini akan ada perkampungan yang menjadikan wajah gerakan literasi, media, dan gerakankomunitas mendapatkan apresiasi:
 
1. Kampung Pustaka
Menu dalam perkampunanga ini setidaknya ada pameran komunitas literasi, taman pustaka, pameran buku, buku lawasan, kaos komunitas,  karya seni, bedah buku, dll
 
2. Kampung Media
Di kampung ini akan terdapat display sejarah informasi, big data, poster, workshop deteksi hoaxs, workshop cerdas ber-sosial media,  obrolan, siaran radio, diskusi hak privasi, informasi publik, dll 
 
3. Kampung Teknologi
Dunia yang berubah tapi kebenaran masih penting adanya. Maka disinilah kita menatap peradaban melalui teknologi tepat guna, karya mahasiswa/pelajar/komunitas, poster. Aplikasi, mesin cetak, sejarah radio, transportasi, dan masih banyak lagi
 
4. Kampung Budaya (museum)
Semua kelompok dapat andil dalam menghidupkan kampung ini dapat berupa display pameran sejarah Muhammadiyah, workshop museum, nonton film kolosal (bioskop UAD menampung lebih dari seribu orang siap digunakan). Manusia tanpa kebudayaan adalah tak ubahnya seperti binatang tanpa akal pikiran. Mari rayakan pengetahuan. 
 
selain itu, juga akan diselenggarakan apel akbar penggerak komunitas media dan literasi dilanjutkan seminar nasional untuk memberikan ruang kolaborasi antar stakeholder bangsa. Demi itikad baik, ta’awun untuk negeri—kekuatan terbaik penggerak literasi di berbagai bidang haruslah dapat menjalin kerja kolaboratif: tolong menolong di dalam memperkuat aksi-aksi kebaikan dan mobilisasi pengetahuan. 
 
Demikian sekilas pandang mengenai jambore media dan komunitas, saran dan masukkan itulah hal yang paling ditunggu untuk mengawal proses persiapan kegiatan Bersama ini. Salam literasi, salam Iqro’ dan jayalah gerakan Taman Pustaka seluruh dunia.
 
 
David Efendi, M.Si., M.A.
Ketua Serikat Taman Pustaka
Anggota MPI PP Muhammadiyah

Tags: JamboreMediaKomunitas , KonggresTamanPustaka2019 , SerikatTamanPustakaMuhammadiyah

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website